Waktu, tenaga, uang ?




Bicara soal modal, usaha apa sih yang gak perlu modal?? Abang2 tukang gorengan pinggir jalan perlu modal, usaha tambal ban perlu modal, penjahit perlu modal, bakul kue juga perlu modal, bahkan seorang pns pun perlu modal.

Misal nih si abang tukang gorengan kudu siap kompor, wajan gede, ama  tiap hari kudu nyiapin adonan gorengannya, terusss gitu tiap hari ke pasar belanja sayuran buat bahannya ote-ote, beli pisang bakal pisang goreng, beli tempe, beli tahu n kecambah wortel buat bahan tahu isi, de el el…perlu modal waktu n tenaga juga buat nyiapin adonan n berdiri di pinggir jalan.

Usaha tambal ban juga gitu, harus nyiapin segala peralatan buat nambal ban yg bocor…hehe sori saya gak bisa memerinci apa aja kebutuhan buat namban ban, soale gak pernah nambal ban hihiii…

Kalo penjahit, ya kudu beli mesin jahit n segala benang, jarum, mesin obras kalo perlu, bahkan dia harus kursus jahit dulu supaya bisa lebih professional. Kudu nyiapin waktu n tenaga buat jahit baju pesanan, apalagi yang ndadak2.

Usaha kue kayak saya?? Jelasss perlu modal… itu oven segede gaban juga kudu dibeli, mixer yang heavy duty juga kudu punya, loyang2 seabrek, peralatan ngedekor kue juga ga dapat gratis lohh, harus beliii…sgala bahan2 kue juga harus nyetok di rumah. Wuiihh kalo diitung2 aset buat modal saya bikin kue tuh udah brp puluh jt yaa…bukan angka yang kecil sodara2, saya beli nya nyicil dikit2, tiap gajian tgl 1 n dapat uang pesanan kue saya pasti sisihin sebagian buat nambah2 peralatan baking n dekor, biar saya tetep up to date, alat2 nya gak jadul. Slalu ngikutin perkembangan di dunia baking n decorating. 
Perlu modal tenaga n waktu? Pastiii...apalagi kayak saya, perlu sisihin waktu n tenaga ekstra karena saya ini kalo siang pegawai kantoran, kalo malam berubah jadi koki hehe, baking nya malam hari, apalagi kudu melekan kalo pas ada order barengan gitu. 

Lohh, pns juga perlu modal?? Ya iyalahhh…coba tanya para pns, ke kantor naik apa, mobil? Butuh beli BBM gak? Trus pas di kantor anak2 di rumah dijagain siapa, asisten rumah tangga? Itu ART nya perlu digaji gak? Ngeluarin duit gak? Trus ke kantor kudu pake baju yang matching dong …beli lah baju yang pantas yaa. Di kantor kita duduk manis berapa jam sehari?itu waktu kalo dikonversikan ke uang bisa gak?? Hehe kalo ada yang jawab gak bisa, berarti belum bisa menghargai waktu wkwkwk….



Jadi sodara2, yang mau saya katakan di sini, semua usaha itu perlu modal. Bisnis perlu modal. Jadi gak usah heran kalo di Oriflame juga kudu pake modal yaa… Kita perlu modal waktu, modal tenaga, dann jelass…modal uang juga. Gak mungkin kita ongkang2 aja nungguin bonus datang. Harus ada usaha dong yaa, gak diem aja. Makanya kalo ada yang bilang pernah gabung Oriflame tapi gitu-gitu aja, yaa…patut ditelaah kembali yaa, selama jadi member, udah ngapain aja? Beneran udah dikerjain sungguh-sungguh tuh Oriflame nya? Atau cuma bayar member fee 39.900 trus bengong aja gak ngapa2in? Katalog datang dicuekin, ada materi2 e-training dibiarin, no action blas…ya gak heran dong kalo jadi nya gitu-gitu aja jugaa…omong kosong kalo kita gak melakukan apa-apa tapi ngarep dapat bonus, siapa yang mau ngasih bonus cobaaa…

Kita perlu modal waktu, sisihin 1-2 jam aja sehari buat belajar2 materi e-training. Ada BB Grup, ada facebook grup, ada member area di website replika yang disana buanyakk banget ilmu nya, tinggal download e-book n video. Tapi itu khusus buat member Oriflame yang gabung lewat d’BC Network yaa…kalo yang enggak saya gak tau lohh ada gak ya materi2 training gratis kayak gini^^

Kita juga perlu modal tenaga, siapkan stamina lebih untuk telat tidur 1-2 jam aja, atau bangun lebih awal sebelum penghuni rumah yang lain bangun. Buat apa? Ya buat belajar lahhh…karena kita harus punya ilmu nya. Action harus pake ilmu ya sayaangg…biar gak ngawur. Dan semua itu diajarin di d’BC Network, semua ada ilmunya. Upline2 juga siap membantu. Tanya aja deh apa pun yang belum dipahami, supaya kita mantap jalanin bisnis ini.

Dann yang terakhir, kita juga perlu modal uang. Beli produk Oriflame ya kudu pake uang yaa, uang benerannn…bukan uang daun hihi… Lho kok harus beli produk nya?? Ya iyalah…masa kita sebagai konsultan Oriflame, gak mau pake produk nya…aneh kan?? Gak konsisten banget dehh kalo sebagai konsultan n pengen dapat bonus dari Oriflame  tapi kita gak mau pake n beli produk nya.. Trus ntar Oriflame ngasih kita bonus dari manaaa… Oriflame itu perusahaan real, nyata, emang jualan produk, bukan cuma muter-muterin uang member aja. Kalo omzet penjualannya gede, baru dong bisa kasih kita bonus. Sama kayak si Unil*ver juga, sama2 jualan produk, tapi bedanya kalo di Unil*ver kita udah belanja bertahun-tahun gak pernah tuh dikasih bonus, keuntungan perusahaan ya cuma buat pemilik perusahaan aja. Tapi kalo di Oriflame beda. Karena pake system Multi Level Marketing, maka kita sebagai konsultan dikasih bonus dari omzet penjualan kita, dari pembelanjaan kita ke Oriflame. Uang yang di bisnis konvensional dialokasikan buat sewa counter, promosi n iklan dikasih ke kita konsultannya sebagai bonus, dan bonus itu tentu besarnya sesuai dengan kinerja kita.

Dibanding usaha kue saya, modal uang di Oriflame ini termasuk kecil banget lohh...dan yang jelas, gak perlu keahlian khusus. Cukup mau belajar. Ilmu nya udah disediain, tinggal dipelajari. Modal waktunya juga lebih sedikit, gak perlu lembur semalaman kayak ngerjain pesanan snack box hehe…cukup sisihan 1-2 jam sehari, modal tenaganya juga lebih enteng. Tinggal duduk manis di depan laptop juga bisa, kan jalanin bisnis online hehe…

Pengen tahu lebih jauh soal modal di bisnis ini, klik ya www.rinasitepu.com



Salam,
Rina Febriana Sitepu
Independent Oriflame Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar