Pilih yang benar


Gimana cara milih MLM yang bener? kan banyak banget tuh perusahaan pakai sistem MLM?

Sebelum memilih kita harus bersihkan mindset kita dulu, kosongkan semua pengertian MLM yang sudah didapat sebelumnya dari sumber2 atau opini-opini yang salah, semua prejudis...akan lebih jelas melihat penjelasan saya jika kita melihatnya seolah2 belum pernah dengar apa sih sistem MLM hehe.  soalnya saya jadi anti MLM gara-gara informasi yang tidak cukup, sudah sedikit infonya, yang didapat juga salah, jadi biar gak antipati kita telaah yuuuk...mariii



Apa bedanya sistem MLM dengan Money Game?



Hati hati banyak bisnis money game serigala berbulu domba, namanya aja ngaku MLM, tapi perdagangan uang atau money game adalah sebuah bisnis yang tidak ada produknya, kalupun ada produknya, hanya sekedar tempelan saja biasanya member diharuskan menyetor sekian rupiah dan dijanjikan dalam kurun waktu singkat akan menghasilkan uang yang berlipat2,  seperti yang sering terjadi bisnis seperti ini tidak langgeng, biasanya endingnya dihiasi adegan kerusuhan, sering dengar kan di berita banyak mantan member bisnis ini berbondong-bondong mendobrak sebuah kantor dan marah-marah karena hilang uangnya..ketipu!.  bisnis yang hanya mengutamakan uangnya saja tanpa ada produk atau jasa yang memadai, apalagi sistem dukungan marketing yang profesional, hukumnya wajib...dihindari!


MLM adalah sistem pemasaran dan penjualan suatu produk dengan menggunakan sistem jaringan atau networking. serunya bisnis MLM tidak membutuhkan modal yang besar dan kemampuan yang tinggi..jadi gak perlu harus lulus sekolah bisnis. Setiap orang dari latar belakang usia, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, bahkan oleh mereka yang tidak pernah berbisnis sama sekali bisa menjalankan bisnis ini. Karena suatu manajemen MLM biasanya akan memberikan dukungan penuh dan tambahan pengetahuan bagi anggotanya, berupa seminar,training dan kadang kopdar untuk menjelaskan how to success dalam menjalankan bisnis ini.


udah jelas? lanjuut ke cara memilih MLM yang benar di bawah ini


Memilih MLM jangan hanya tergiur dengan keuntungan saja ya, pakai riset2 dulu laah.  MLM yang baik ada kriterianya dan yang paling banyak memenuhi kriteria dibawah, berarti bisa menjadi next best thing in your life ;) dan silakan bergabung.



1. Perusahaan MLM Harus Terdaftar di APLI ( Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia)

APLI merupakan sebuah lembaga yang menjamin kebenaran Perusahaan MLM. cek disini http://www.apli.or.id/  Jika tidak ada dalam daftar, gak usah gabung.

2.Perusahaan MLM minimal sudah berdiri 3 tahun.

kalau masih muda, sebaiknya gak dulu deh..takut fondasinya belum kuat cari saja yang sudah puluhan tahun berdirinya, artinya dia sudah diterpa berbagai ujian dan krisis.


3.Perusahaan MLM diakui secara Internasional.

baik kualitas produknya, kesehatan finansialnya sampai kesuksesan member2nya diseluruh dunia.


4.Perusahaan MLM yang mempunyai Kantor cabang di Indonesia

artinya kalau ada apa-apa kita bisa mudah mendatanginya, mudah juga di telepon customer carenya, mudah dihubungi via email, dan cepat merespon segala pertanyaan, kritik dan keluhan konsumen dan membernya.


5.Perusahaan MLM yang menjual produk yang di butuhkan sehari-hari

kalau menjual produk yang kurang diminati dan tidak dipakai harian, nanti gak laku dong? gak akan langgeng deh bisnis kita, cari juga yang produknya variatif dan harganya terjangkau, misalkan menyediakan produk wanita, pria dan anak-anak sekaligus sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen.


6. Perusahan MLM harus mempunyai pabrik sendiri.

kalau tidak punya Pabrik dan hanya menyalurkan produk, dikhawatirkan akan harga yang di tawarkan akan tidak stabil karena produsen ada di tangan orang lain.


7. Perusahaan MLM mempunyai sistem yang sesuai dengan syariat.

lihat Blog tentang Syariah


8.Perusahan MLM mempunyai Support system marketing canggih.

Perusahaan menyediakan website untuk memudahkan mengakses produk, laporan penjualan,trasnparansi bonus, recruit member dsb, sampai kemudahan melakukan pembayaran dan pengiriman. makin canggih akan membuat kita membernya hanya membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan bisnisnya, karena semua kegiatan cukup online, sehingga membernya bisa melakukan bisnis ini sekaligus beraktifitas dengan hal lain.


9. Perusahaan MLM yang sistem kerjanya mudah diikuti

Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, bisnis MLM yang baik harusnya memiliki cara kerja yang mudah diikuti semua membernya, target2 yang dipasang masuk akal dan mudah dicapai, tidak menghabiskan banyak waktu dan bisa dikerjakan kapan saja.


10. Perusahaan MLM memiliki upline/sponsor yang memberi dukungan penuh.

Ciri khas dari bisnis MLM adalah kerja team, upline/sponsor harus melatih, memotivasi dan mendukung penuh terhadap seluruh aktifitas bisnis, bisa bertanya dan bisa saling membantu jika ada permasalahan. mengenal seluruh jaringan dan bersama-sama meraih tangga kesuksesan.


11. Perusahaan MLM memiliki sistem pemberian bonus yang jelas dan adil.

Pemberian bonus dapat menaikan semangat untuk menjalani bisnis ini, baik bonus cash, hadiah produk, dinner di hotel, kendaraan atau jalan-jalan ke luar negeri. Pembagian yang adil antara upline dan downline sesuai dengan kinerja masing-masing akan membuat kita senang menjalani dan jauh dari iri dengki, pembagian bonus harus transparan bisa di cek dari website.


12. Perusahaan MLM membuat potensi diri berkembang.

ketika menjalani bisnis ini, apakah bakat-bakat kita jadi terasah, misalnya jadi suka menulis, suka dandan dan rapih, suka dengan buku marketing, mengeluarkan bakat memimpin, bekarja dengan team, public speaking, jago internetan dan potensi2 lainnya, MLM yang baik tidak akan mengubur potensi kita malah mengasahnya jadi makin cemerlang


13. Perusahaan MLM yang mampu membuat sukses banyak orang

kalau yang sukses hanya 1-2 orang dan tidak ada kejelasan sistem "karir" yang dicapai di bisnis MLM..tidak usah dipikir 2 kali, berarti anda akan susah sukses didalamnya. sebaliknya jika kita melihat banyak yang sukses terutama dari teman-teman kita sendiri, maka tidak ada salahnya bergabung.


14. Terakhir... member2nya bahagia dan ikhlas menjalani bisnis ini.

Bisnis MLM seharusnya menciptakan kegembiraan bagi membernya, tidak terpaksa dan tidak menjadi susah hidupnya.  Saat bekerjasama dengan upline dan downline ada ukhuwah yang terjalin, transfer ilmu-ilmu marketing dan saling menyemangati. Antar member tidak hanya terjalin kerjasama bisnis tetapi terjalin persahabatan, kedekatan antar member mungkin akan membuka banyak kesempatan bisnis lainnya, senang kan bisa sama-sama sukses dengan sahabat.

  

Jika kita sudah memilih bisnis MLM dan ingin sukses, kita harus konsisten karena bisnis MLM dibangun dengan jaringan, dan jaringan itu akan terbangun jika terus-menerus dibentuk dan di perbanyak, di negara kita yang budaya persahabatannya tinggi ini, merupakan peluang untuk mengembangkan bisnis MLM, sukses juga artinya berguna bagi banyak orang, dengan mengenalkan bisnis MLM ke saudara dan sahabat2, kita menciptakan kesempatan kerja yang luas dan membantu negara tercinta ini mengurangi pengangguran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar