Semua melalui proses...

Hai haii..halo halooo...
Siang ini mau  mengenang jaman awal mula belajar bikin kue 5 tahunan lalu. Asli pede banget sayaa dulu itu. Baru juga belajar, bisanya juga masih kue itu itu aja, tapi dengan percaya dirinya nerima pesanan hehe...siapa yang ngajarin cobaa itu pede nya :D
Memang yaa apa yang jadi mindset dan semangat kita banyak dipengaruhi oleh komunitas tempat kita bergaul. Dulu saya awalnya gabung di banyak milis masak, ada ncc, ada dapur bunda, ada klub berani baking. Beneran dehhh bisa ngeboost semangat banget. Karena yang di milis itu juga pada semangat2 sihh, nggak ada tuhh yang energi negatif, setiap hari perbincangan di milis adalah sharing saling memotivasi, saling belajar. Dan benerrr... kalo kita nggak banyak penolakan dan berkutat dengan perasaan takut, perasaan nggak bisa, dan mental block yang lainnya, dan yang ada hanya mau membuka diri menerima hal-hal baru dan mau belajar, makin lama jalanin proses, bisa juga lhoo saya baking n ngedekor cake yang agak kerenan dikit. Padahal yaa dari belajar otodidak di internet aja. Browsing resep, nyoba praktek, gagal, gosong, bantat ya coba lagi...ngedekor aneh yaa besoknya diulangin lagi, praktek lagi...sambil melototin hasil dekor teman2 yang udah pada jago...lama-lama alhamdulillah keliatan lho hasilnyaa, ada progress :)
Nyadar nggak ada orang terlahir langsung bisa ini itu, langsung jago...nggak adaaa.. Semua yang jago juga awalnya dari nol, dari belajar dikit demi dikit. Yaa persis lah kayak anak kita, lahir kan cuma bisa geletak oek oek aja nangis...tapi trus belajar duduk, belajar jalan, belajar lari, belajar ngomong, belajar ngaji...nahh sekarang udah gede udah hampir sama ama kita, bisa macem-macem ...malah mba Dhiya' baca Qur'an nya sekarang lebih jago dari abi ummi nya. 
Nggak percaya bakat-bakatan....semua hal bisa dipelajari. Kalo soal passion, emang beda-beda tiap orang. Kalo punya passion di satu bidang plus mau belajar, walopun berawal dari nol banget, pasti lama kelamaan bisa juga.

Begitu juga dehh dulu awalnya bergabung di Oriflame, blas nggak tau apa-apa. Join di grup, banyak baca, banyak nanya, banyak belajar, banyak praktek, plus buang jauh-jauh pikiran negatif, buang mental block "rasa takut dan malu" nya...alhamdulillah nyampek juga di Gold Director.

Dulu mau ngomong sama orang baru aja rasanya keringat dingin, deg2an sambil perut mules...mau nulis kayak gini aja juga belepotan banget, tulis hapus mulu hihi...tapi tetep pede lanjut aja. Yakiinn banget kalo kita berusaha pasti Allah akan bantu kasih jalan.
Kalaupun kita nggak mampu, masa iya sih kita nggak percaya kalo Allah Maha Mampu untuk membantu kita ??? :)

Pokoknya mah...keep positive thinking...lalui prosesnya, ikuti SOP nya apa, jalani dengan bahagia. Nanti yakin pasti ada hasilnya. Persis kayak saya baking n ngedekor kue. Siapa sangka dulu bisanya cuma dekor model kayak sebelah kiri atas itu. Sekarang alhamdulillah...udah bisa ikut bikin bahagia anak2 orang lain dengan cake ultah yang lucu-lucu.

Coba kalo nggak sabar dengan prosesnya, pas baking pertama gosong or bantat, trus mutung nggak mau baking lagi...ya udah dehh good bye...nggak bakal bisa kayak sekarang ini.
Sama jugaa..kalo kita belajar promo di Oriflame atau belajar jualan udah malu, gengsi trus nyerah gak mau lanjut yaa pasti dehh hasilnya nggak bakal sampai ke mana-mana. Siap-siap good byeee :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar