Enjoy Cara Saya



Duluuu...hampir 11 bulan yang lalu, saat memutuskan bergabung di bisnis ini, di hari pertama, tahu nya cuma saya perlu TUPO untuk bisa menjalankan bisnis ini. Saat itu pun gak pernah muluk-muluk mikir jualan, jadi tahu nya ya cuma belanja, tupo dengan mengalihkan belanja bulanan. 

Saat itu saya cuma sedikit berhitung di angka 600 rb-an nya, mikir nya waktu itu harus menganggarkan pengeluaran sebesar itu untuk memodali bisnis saya ini. Tapi dengan 600 rb-an itu juga saya jadi udah gak mikir pengeluaran untuk sabun, sampo, pasta gigi, dan teman-temannya. 

Sebelumnya untuk belanja kebutuhan bulanan itu memang saya dan keluarga rutin tiap habis gajian tgl 1 pergi ke mall, h*permart ataupun m*kro (maklum pns, jadi berasa punya duitnya kalo tgl 1 hehe)
Keperluan utama nya sih belanja bulanan body care orang serumah tapi sampingannya biasanya lebih dari biaya buat kebutuhan utama itu. Gimana enggak, wong kebutuhan sabun2an waktu itu paling ngabisin cuma 200 rb-an yaa, tapiiii jajannya bisa abis 300 rb-an lebih.....hehe. Belum lagi kalau tergoda beli baju atau barang lain yang sebenernya gak perlu cuma karena laper mata aja lihat sale di mall, jadinya pas di  mobil perjalanan pulang  baru buka dompet sambil sedikit bengong...yahhh kok banyak juga ya abisnyaaa :)

Sekarang, rutinitas belanja bulanan sabun dkk ke mall udah dihapus. Karena untuk kebutuhan body care dkk udah terpenuhi dari Oriflame. Untuk bulanan keperluan bersih-bersih rumah jadinya juga gak ngoyo ke mall, sering nya cuma ke mini market deket rumah, kadang juga cuma beli di pak kanip warung deket rumah kalo di sana ada. Kalopun ke supermarket pas kebetulan skalian nyari kebutuhan buat orderan kue, ya sekalian beli nya. Tapi kalo enggak mendesak yang barangnya cuma ada di supermarket, ya gak ke sono. 
Sejujurnya, saya jadi ngerasa lebih efektif lohh ngeluarin uang. Kalo ke mall sekarang lebih terarah, misal mau nemenin adek main di playground, ya udah nemenin adek. Atau kebetulan sesekali pengen makan di mall, ya berangkat buat makan. atau mau beli buku, ya udah beli buku,.

Jadi sebenernya kalo dikonversi saat itu sama aja yaa...anggaran pengeluaran gak berubah. Bedanya kalo dulu 600 rb-an buat beli sabun n jajan akibat "laper mata" di mall, sekarang 600 rb-an buat tupo alias modal bisnis yang di dalamnya include kebutuhan beli sabun dll. (plus Nutrishake), yang memang secara sadar saya keluarkan, bukan karena kasus "laper mata" :)

Ada alokasi yang dikurangi yaitu alokasi jajan/shopping, alihkan duitnya buat modal bisnis alias tupo, dan barengi dengan action mengembangkan bisnis nya. Alhamdulillah dalam waktu 6 bulan saya bergabung, modal bisnis itu udah kembali, bahkan lebih. Sekarang penghasilan saya dari bisnis ini sudah 5 jutaan per bulan.

Saat awal bergabung, saya NOL besar di sini, gak tau apa-apa, karenanya dengan ketidaktauan saya itu, saya "pasrah", manut diajarin sama upline karena butuh bisa ngikutin kesuksesan upline saya. Nyerap bener-bener ilmunya, gak pernah ninggalin etraining. Download ebook dan video training, lahap semua. Jadi sedikit demi sedikit paham gimana sih cara kerja di bisnis ini, gimana sih supaya kita bisa berpenghasilan dari sini. Ilmu nya emang banyak banget, gak akan abis dipelajarin dalam 1-2 malam :)

Mudah? Enggak...
Tapi saya mau, saya butuh sukses di sini
Saya berjuang mengalahkan rasa malas.
Menikmati proses belajar nya.
Sampai sekarang pun terus belajar. 
Karena perjalanan masih panjang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar