Kenapa saya semangat terus ?



Saya ini udah pernah jumpalitan jadi pegawai kantoran yang sebagian besar waktu dihabiskan di luar rumah. Kalo pun 12 jam ada di rumah, yg 6 jam nya dipake buat tidur hehe....jadi udah ngerasainlahh yang namanya gimana itu jadi pegawai, gimana harus taat prosedur kerja, disiplin kehadiran, etika sebagai bawahan, dll.

Juga udah lumayan ada pengalaman juga di bisnis konvensional, jual beli. Dagang baju pernah, dagang produk kesehatan udah pernah, dagang mie udah pernah juga, jualan kue bahkan sampai sekarang. Udah paham juga gimana harus keluar modal buat kulakan barang dagangan, bahan produksi, buat sewa counter, bayar gaji karyawan, biaya promosi, dll.

Jadi yaa...kalo sekarang saya ngerjain MLM Oriflame nya nggak semangat yaa namanya nggak belajar dari pengalaman dong :)

Udah bisa bandingin banget, gimana relatif lebih ringannya ngerjain Oriflame dibanding yang saya sebutin di atas tadi. Kenapa relatif ? Yaa karena pendapat orang nggak bisa disamain kan. Yang saya tulis ini adalah pendapat saya pribadi berkaca dari pengalaman pribadi juga.
Kesimpulannya di mana pun itu, kerjaan apa pun itu...pasti butuh yang namanya modal waktu, tenaga, duit.

Jadi pegawai kantoran butuh modal ? Jelas...pendidikan syarat utama pastinya, ada yang mensyaratkan minim D3, S1, bahkan S2. Itu dapat ijazahnya pakai modal nggak ? Jelas pakai dong yaa...kuliah sekarang biayanya mahal boo..
Trus berangkat ngantor, ngeluarin modal buat beli baju kerja, beli bensin atau bayar angkot/taxi, bayar ART di rumah buat jagain si kecil nggak ? Itu modal kan yaaa :)

Belum lagi modal waktunya, kayak saya dulu 10 jam lhoo harus duduk manis di kantor, belum lagi kalo harus panas-panasan tugas ke lapangan hehe...

Kayak saya juga jualan kue, butuh banget modal : waktu, tenaga, duit. Kadang ngerjain satu birthday cake butuh 3 jam lhooo kalo udah yang minta detil dekornya rumitt banget J. Butuh banget duit buat kulakan bahan. Butuh duit buat promo, buat bayar gaji asisten, buat beli peralatan. Wahhh modalnya berjuta-juta iniihhh bakulan kue :)

Di Oriflame meskipun sama-sama pake modal duit juga tapi nggak perlu keluar biaya banyak seperti waktu saya dulu kulakan buat dagang baju atau kayak bakulan kue sekarang. Cukup buat daftar member 49.900, beli katalog 20 pcs 62.900, beli paket internet 100 ribu buat sebulan, selebihnya kalo saya belanja produk itu adalah memang anggaran dari belanja bulanan saya untuk toiletries dan perawatan, yang kalopun nggak Oriflameman yaa tetep kan beli juga di supermarket.

Di Oriflame meskipun sama-sama harus KERJA, (yaa namanya cari penghasilan yaa kudu kerja kann, mana mungkin cuma duduk manis aja :) ) tapi menurut saya relatif ringan banget :

Soal promo udah diurusin perusahaan, kita tinggal kabarin aja ke orang-orang
Soal stok produk juga udah diurusin perusahaan, kita tinggal tawarin aja yang stoknya tersedia
Soal pengiriman barang sebagian besar juga udah diurusin ama perusahaan, yang di dalam kota ada kurir motor yang bisa kirim barang pesanan langsung ke rumah, yang luar kota ada kurir ekspedisi.
Kualitas produk juga udah diurusin secara profesional sama perusahaan, udah berpengalaman puluhan tahun.

Jadi yaa, kerjaan kita tuh “cuma”  BELAJAR CARA NYA
Belajar cara jualan produk
Belajar cara promo
Belajar product knowledge
Belajar cara komplain
Belajar mengatasi rasa malas bergerak
Belajar menage waktu
Belajar ini, belajar itu...dst.
Yang notabene pelajaran itu udah disediakan secara sistematis baik oleh perusahaan maupun intern grup. Tinggal lahap aja.
Di Oriflame, meskipun harus terusss belajar nambah ilmu, tapi waktunya fleksible, bisa disesuaikan dengan jam sibuk keluarga dan caranya pun bisa dengan online aja, nggak perlu keluar rumah kalo memang nggak bisa.

Abis belajar, ya PRAKTEK.

Nah kalo buat saya sihh...udah kerjaan ringan banget gini, kalo masih nggak semangat yaa kebangetan yaaa...takut jadi hamba-Nya yang nggak pandai bersyukur. :)
Kita nggak perlu tuhh kayak abang yang jualan bakso jalan keliling kompleks, nggak perlu yang harus berjubel di KRL demi harus ke kantor, nggak perlu panas-panasan kayak kuli aspal yang lagi benerin jalan ...hiks kemarin abis lihat bapak-bapak kuli yang lagi kerja manggul drum berisi aspal panas, rasanya kita memang masih jauuuhhh lebih nyaman. Jadi, apa sebab masih nggak semangat ???
sumber : google image

Rasanya malu yaa kalo kita masih mudah banget ngomong : susah 

Padahal mungkin sebenernya kita hanya kurang berusaha, kurang belajar, kurang tekun.
Yakinlah...Allah tidak tidur. Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha kita. Setiap orang akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang dia upayakan. Tidak lebih dan tidak kurang. :)
Kalaupun kita tidak mampu, yakinlah Allah akan memampukan kita disebabkan usaha kita untuk memantaskan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar