Fakta soal JERAWAT

Siapa sih yang tidak pengen wajah yang halus mulus bebas jerawat ? Semua pasti nya juga mau yaa hehe... Kalo soal keriput sih suatu kepastian yaa karena sejatinya ya memang kita makin lama makin tua, tapi kalo soal jerawat, menurut literatur yang saya baca nihh..penyebabnya lebih karena kita kurang menjaga kebersihan, perawatan wajah yang tidak tepat dan kurang menjaga pola makan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Nah lhoo... :D

Makin penasaran...Apa aja sih penyebab munculnya jerawat ini ? Secara saya sendiri juga terkadang masih diganggu dengan si kecil yang suka usil ini hihi...untunglah sekarang udah nemu produk perawatan wajah yang cucok. Yuk kita lihat apa aja sih penyebabnya :

 1. Stress

 Jerawat akan tumbuh dalam jumlah banyak ketika kita mengalami stress. Saat dalam tekanan psikologis, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon androgenik yang memicu timbulnya jerawat. Jadi, lebih baik menghindari stress daripada jerawat muncul di wajah kita kan :D

  2. Hormon

Jika jerawat muncul rutin setiap bulannya, hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh hormon, biasanya muncul saat siklus menstruasi. Jerawat ini kadang sampai meradang, berukuran besar dan berwarna merah. Jangan memencet jerawat ini yaa karena bisa menimbulkan bekas yang sulit hilang. Biarin aja dia aman sentosa di tempatnya hihi..


  3. Kosmetik


Pastikan kosmetik yang anda gunakan sehari-hari  cocok untuk jenis kulit . Jika tidak cocok hal ini akan memicu timbulnya jerawat dan peradangan kulit. Lebih baik hentikan pemakaian kosmetik yang memicu timbulnya jerawat.


4. Telepon / HP


Haaa...apa hubungannya ? Hehe...hubungannya erat sekali. Handphone merupakan salah satu barang yang terkontaminasi banyak bakteri. Sering menggunakan HP dalam waktu lama, dapat membuat iritasi pada kulit pipi. Efeknya, jerawat mudah tumbuh karena bakteri menempel pada pipi kita.


5. Sabun Wajah

Sabun wajah tentu berfungsi untuk membersihkan kotoran dari  wajah. Tetapi pada beberapa sabun wajah, kandungan pembersihnya justru menyangkut di pori-pori dan dapat menimbulkan jerawat.

6. Matahari

Sinar matahari membuat kulit kita menebal. Penebalan ini menyebabkan penyumbatan pori-pori dan pembentukan jerawat.

7. Kosmetik Berpigmen Tinggi

Kosmetik yang mengandung pigmen tinggi juga bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Sebaiknya Anda menggunakan kosmetik dekoratif mineral karena kandungan pigmennya yang aman atau tidak terlalu tinggi.

8. Sel-sel Kulit Mati

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Kelenjar minyak yang berlebih ini bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit bercampur dengan jumlah sebum yang telah meningkat, campuran tebal dan lengket nya dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

9. Bakteri

Bakteri memang kerap menempel di kulit, cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut kemudian membengkak dan mungkin akan pecah, lalu menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Proses seperti ini dapat menimbulkan timbulnya jerawat batu. Hal ni memungkinkan untuk meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seolah cacar yang permanen.

Nahh...yuk dicermati hal-hal di atas barangkali ada yang jadi penyebab munculnya jerawat kita selama ini. Kalau udah tau penyebabnya kan tinggal dihindari n diatasi aja, ya nggak :)

Ok sekian dulu pembahasan soal jerawat yaa...next time lanjut kita bahas soal makanan yang sebaiknya dikurangi supaya jerawat nggak sering muncul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar