Naik Level Berjamaah

Apa sih itu?

Begini lohh, di bisnis saya ini kalau kita membantu downline kita naik level, otomatis kita juga pasti naik level. Jadi, fokus utama seorang leader di sini adalah membantu downline nya naik level. Karena dengan naik level nya downline, kita pasti akan naik level juga. Akhir nya, terjadilah naik level berjamaah :)

Trus, downline seperti apakah yang layak dibantu? Ya tentu saja downline yang memang mau bantu dirinya sendiri juga, sehingga terjadi kerja sama, bersinergi. Kalau misalnya dalam satu case hanya upline yang ngoyo ingin bantu si downline, tapi downline nya sendiri cuek beibeh, di telpon ilang-ilang terus, di sms kadang jawab kadang enggak, di email gak dibalas, ya gimana coba, gak bakalan nyambung kan?? Padahal di sini itu butuh kerja team, butuh komunikasi yang intens. 

Ada lagi downline yang diajak belajar ogah-ogahan, padahal upline udah kasih tahu kalau di sini gak bakal bisa yang namanya malas belajar. Etraining udah ada tiap hari, ngikutinnya juga gampang banget, cukup duduk manis di depan laptop ataupun tinggal buka dari hp, tapi toh emang ada aja yang gak mau memanfaatkan fasilitas ini. Padahal tinggal baca aja loh yaaa, alasannya bingung baca fb grup hehee....yaaahh kalo masih baru emang wajar itu yang namanya bingung. Duluuu pas kita awal masuk kerja kantoran, pernah ngerasain juga kan yang namanya grogi di hari pertama ngantor. Bingung mau ngapain, salah tingkah. Nah samaaa di bisnis ini juga pasti awalnya ngerasain gitulah, itu wajar banget. Tapi apa ya iya dulu pas awal ngantor itu trus kita besoknya jadi mogok gak mau ngantor lagi selama-lamanya?? Enggak kannn ... kalo kayak gitu pasti sekarang kita gak ada di posisi seperti sekarang di kantor. Tapi yang kita lakukan dulu pastilah beradaptasi, menyesuaikan diri dengan situasi kantor, dengan teman-teman baru, pekerjaan baru.

Nah samalah di bisnis ini juga gitu. Beradaptasi lah...kalau memang mau sukses di sini, belajar dari yang sudah lebih dahulu berpengalaman, manut, insha Allah lancar jalannya. Sesuatu yang kalau kita berpikir itu sulit, pasti akan sulit jadi nya. Tapi kalau kita pasang mindset positif, insha Allah akan jadi mudah, karena mindset kita akan jadi doa :)

Dulu saat awal saya gabung, gak pernah itu sekalipun ngerasain yang down semangatnya, gak pernah sekalipun meragukan bisnis ini. Karena apa? karena bukti yang udah sukses banyak banget di sini, dan mereka adalah orang-orang yang saya kenal. Jadi kalau saat itu saya merasa kesulitan ataupun ada kendala-kendala kecil, saya selalu meyakini itu sebagai kekurangan saya, karena saya masih kurang ilmu, kurang jam belajar nya. Dengan merasa seperti ini, saya jadi makin terpecut untuk belajar lebih banyak lagi, lebih lama lagi. Saya selalu evaluasi diri saya, kenapa di bulan ini saya gak naik level misalnya, dan itu jadi motivasi untuk perbaikan di bulan depannya. Evaluasi terus kerja team nya.

Upline hanya akan fokus bantu downline yang memang mau dan layak dibantu. Karena gak enak banget emang rasanya bertepuk sebelah tangan, ya nggak? Upline itu leader, layaknya seorang ibu. Dia memegang amanah untuk membimbing anak-anak nya mulai dari bayi, trus merangkak, trus belajar jalan, dari mulai si anak digandeng sampai kemudian bisa lari sendiri. Kalau dalam proses belajar berjalan itu ada yang namanya jatuh bangun itu biasa...namanya juga sedang belajar. Jangan fokus sama jatuhnya, tapi fokus lah gimana supaya bisa bangun lagi, Jadikan pengalaman supaya gak jatuh-jatuh lagi. Upline siap bantu, mengajarkan cara gimana supaya lancar jalannya.

Jadi kalau kita sudah memutuskan untuk mau dan butuh serius di bisnis ini, merapat ke upline nya yaaa, jalin komunikasi, utarakan apa yang jadi kebutuhan Anda supaya upline tahu bagaimana cara yang tepat untuk membantu Anda :)

Siap yaa merapattt

Salam Selalu Semangat!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar