Ternyata...Gak Cuma Lipstik


Duluuuu....buat saya Oriflame itu identik dengan lipstik menor J

Di sekitar saya dulu banyak banget yang udah jadi member Oriflame, tapi gak pernah tuh pengen jadi member nya. Karena ya saya ngerasa bukan orang yang “bakat” dandan n suka nya polosan aja. Makanya dulu almarhumah ibu sering gemes lihat anak perempuannya ini males pake bedak.

Jadi member nya aja gak pernah kebayang, apalagi jadi “sales” nya Oriflame, enggak banget dehh...wong lihat katalog nya aja ogah. Jadi yaa pernah saya beli pertama kali produk nya, saya tanya aja ama temen (yang emang member) yang menurut dia bagus apaan, udah manut aja gitu, itu juga yang dibeli cuma lipstik yang Nude n foundation Ivory. Wkwkwkk.....dan itu pun jarang banget dipake nya, Cuma buat pantes-pantesan aja, cewek punya lipstik, gitu J

Nah beberapa waktu lalu, saya di “wawancarai” ama seorang teman soal kenapa sih saya mau jalanin bisnis Oriflame via d’BC Network. Iyaaa....via d’BCN nya harus ditulis ya, karena mungkin saya emang gak mungkin gabung Oriflame kalo gak lewat d’BCN. Antara lain sebabnya ya seperti yang di atas ituuuhhh J
Memang perjalanan hidup gak ada yang tahu ya. Siapa yang sangka suatu hari saya terdampar di blog nya Yuliamaki, teman sesama bakul kue, bedanya kalo Maki kue nya udah kelas hotel-hotel, kalo saya masih amatir, kelas kaki lima J

Sharing Maki soal bisnis nya membuat saya penasaran dan jadi ingin tahu, ini emang Maki ngerjain apa sih... Baca lagi, urut kronologis ke belakang, eehhh akhir nya nemu kalo Maki lagi “jualan sabun” hehehe....which is ORIFLAME. Lohhh, oriflame yaaa, trus baca lagi ... jualan sabun tapi kok kayaknya asik banget sihh...d’BCN?? Wahhh sering  baca nih akhir-akhir ini di internet ada yang ngiklan2 d’BCN. Emang apa yang menarik sihh??? Gitu mikir nya.

Akhir nya cari tau, mulai buka-buka link yang di share Maki di blog nya. Ternyata Maki gak sendirian lohhh jualan sabun nya (qiqiqi), ada buanyakkkk banget, ribuan orang di d’BCN. Saat itu beneran jadi heran apa sih yang membuat orang-oraang itu keliatan asik banget. Maklum, hampir 5 tahun saya trauma ama yang namanya MLM, akibat pengalaman buruk dengan salah satu MLM jaman dahulu kala. Akhirnya beranikan diri email Maki, inti nya sih mau nanya, Maki lagi ngerjain apaan sih, kok segitu asiknya.
Singkat cerita, diteleponlah saya oleh Maki, dijelasin panjangxlebar = Luas (Lohhh J)

Mulai dari produknya sampai sistem bisnis nya. Baru nyadar ternyata itu Oriflame gak Cuma lipstik hehe....ternyata itu keluaran Un*lever : odol, sampo, sabun, dll. ada semua di Oriflame. Jadi gak harus beli Lipstik n Blush On J

Trus baru ngeh juga ternyata “jualan sabun” nya itu beda, beda cara dan beda gaya ama jualan konvensional. Trus ternyata dapat duitnya bukan Cuma dari jualan itu aja, tapi juga dari pengembangan grup. Nah lohhh ...apa lagi ini yaa

Saat itu sih saya sebenernya belum ngerti juga asik nya gimana, kan Cuma denger dari cerita Maki, n belum ngerasain sendiri. Tapi Bismillah setelah ngobrol ama Maki itu, akhirnya saya memutuskan dengan bermodalkan uang 39.900 perak, saya serahkan foto KTP saya ke Maki lewat bbm. Pikir saya waktu itu, ah uang 39.900 kan sama aja dengan harga andok bakso Solo plus es jeruk berdua abi J
Nothing to lose lahh pikir saya waktu itu....

Dannn...ternyata hanya 1 jam saja setelah saya terdaftar, benerrr....keasikan itu langsung terasa. CETARRRR Membahana...Gimana enggak, langsung ikut merasakan demam Tuponas J
Waktu Maki nyuruh Tupo, sebener nya saya juga masih mikir lohh (hehe...peace Maki), mencari kemantapan.

Masih inget banget saat itu saya sempat tanya ama seorang teman yang independen, yang gak ada sangkut pautnya ama Oriflame, niatnya cari masukan. Gini nih pertanyaan saya, kira-kira kalo buat bisnis kita harus ngeluarin modal sekitar 600 rb-an sebulan tapi uang nya itu gak ilang, Cuma kita dapat produk yang bisa kita pakai buat sehari-hari gimana, rugi enggak ya?  Waktu itu sih temen saya jawab, ya enggaklah, kan kita dapat barang. Trus saya nanya lagi (ke temen lainnya lagi), sebenernya juga itu barang juga bisa saya jual lagi kok, dapat duit juga plus margin nya, jawab teman sayaa...ya itu tambah untung namanya.

Akhir nyaaa....Bismillah, action pertama kali saya saat itu : TUPO  :)

List belanjaan pertama saya waktu itu ini nihh

12807OB matte CONTROL pressed powder - light/medium99.200 

12286lipSPA Therapy34.500 

20538Optifresh Fluoride Toothpaste Cavity Protection21.500 

20617Hair X Frizz Free Shampoo45.400 



22672Nature Secrets Soap Bar for Sensitive Skin Jojoba & Mango9.200 
16785Eclipse Eau de Toilette68.500 
22689Feet Up Advanced Rescue Treatment Foot Mask42.300 
13387Discover Scandinavia Fresh Seascape Soap Bar (3 pcs)8.800 
23555Silk Beauty White Glow Body Lotion26.800 
14651North For Men - Active Face Wash57.700 
22688Hair X Advanced Growth Reviver Hair Tonic57.700 
13859Midsummer Man Antiperspirant 24Hr Deodorant26.800 
20539Optifresh Fluoride Toothpaste Whitening23.000 
TOTAL 537.4000

Dari rincian nama item di atas, tau gak itu kategori apa aja? Ini yaa, yang saya beli itu bedak, lips spa buat bibir kering, sampo, pasta gigi, sabun mandi, lotion, masker buat tumit pecah2, sabun wajah , deodoran.

Kebutuhan sehari-hari banget kan?? Bener, duit 537.400 buat modal tupo gak ilang, tapi berubah wujud jadi barang-barang buat body care yang saya dan keluarga pake. Tiap hari mandi kan yaa, gosok gigi pake odol, pake deodoran n sekarang tiap hari jadi bedakan hehehee.....trus paling enggak 2-3 hari sekali keramas pake sampo. Jadi gak ada yang sia-sia lohhh...modal bisnis nya buat dipake sendiri :)

Itu kalo saya yaa....kalo buat yang lain belanja Tupo ini terasa berat, bisa banget koookkk barang-barangnya dijual, malah dapat margin lagi. Banyak contoh teman-teman yang tupo nya dari jualan, BISA bangettt... :)





1 komentar: