Jangan nunggu kepepet

Kemaren di Bojonegoro saya sharing ke teman-teman di sana, bahwa saya dulunya ditinggal bapak saat masih kelas 3 SD, jadi ngerasain banget beratnya perjuangan ibu menghidupi ketiga anak2nya setelah bapak gak ada.

Waktu bapak masih hidup dulu, ibu gak dibolehin kerja, cukup ngurus anak-anak aja, penghasilan bapak sebagai Kadin Pemasaran di Jiwasraya udah lebih dari cukup. Kepergian bapak yang tiba2 plus ibu saat itu bener2 gak punya penghasilan membuat hidup kami saat itu memang berubah drastis. Dari semua serba ada tinggal minta bapak, sekarang jadi harus prihatin. Saat bapak masih ada, mana pernah terbayang suatu saat kami harus mengalami masa2 berat seperti itu. 

Alhamdulillah ibu masih punya keahlian, pinter masak dan bikin kue. Jadilah ibu langsung take action buka usaha catering, melayani makan siang karyawan salah satu kantor di Medan, juga nitip2in kue ke warung2 langganan. Beradaptasi dengan kondisi....
Saya jadi saksi perjuangan ibu untuk mempertahankan kondisi demi kami anak2 nya. Karena kalo sudah dalam kondisi kepepet seperti itu sedih berkepanjangan pun gak berguna, tidak akan memperbaiki keadaan. Kebutuhan hidup terus berjalan nggak bisa ditunda, apalagi dengan 3 anak yang masih kecil-kecil.

Belajar dari pengalaman pribadi keluarga itu, saya selalu mengatakan kepada teman2...jangan merasa aman dengan berpegang dari satu sumber penghasilan saja, apakah itu dari suami, ataupun penghasilan kita sendiri misal dari kantor, atau dari berjualan, atau apa pun itu...jangan merasa aman. Selalu miliki sumber penghasilan lain. Kita tidak pernah tau takdir Tuhan. Kondisi esok hari siapa yang tau. 
Sama seperti kami dulu, nggak pernah kepikiran, kebayang pun tidak, akan ditinggal Bapak secepat itu...tapi yaahh Allah Pemilik semuanya. 

Nggak butuh sekarang, bukan berarti nggak butuh nanti.

Jangan nunggu kondisi kepepet dulu...justru sekarang saat kita masih lapang...segera belajar untuk punya pekerjaan sampingan, mulai belajar berbisnis.

Masih bingung mau bisnis apa ? Duuhh peluang di depan mata ada lhooo....buka mindset, pelajari. Bertanya pada orang2 yang kalian percayai, minta dibimbing. 

Bisnis itu nggak usah yang ribet-ribet, yang penting segera dimulai.

Siappp ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar